Kamis, 12 Juni 2014

JT 120614 : "Maersk" Peroleh Kapal Triple-E Ke-9


Bukan ujug-ujug kalo pelayaran terbesar di dunia ini sudah mendapatkan kapal ke-9 dari total pesanan 20 unit kapal seri 18.270 TEUs. Maersk Line menjadi pelopor pembangun kapal terbesar hampir disetiap kesempatan.

Minggu ini, pelayaran asal Denmark ini mendapatkan “Matz Maersk”, dibangun di galangan kapal Korea Selatan “Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering” (DSME). Order ini mulai digaungkan sejak tahun 2011 lalu dan berhasil diwujudkan.

Kapal ini diberi titel oleh Maersk Line dengan nama “triple-E” dan kapal-kapal sekelas inilah yang dicanangkan oleh anggota aliansi P3-network untuk dioperasikan di rute utama : Asia – Eropa (AE). Kini sejumlah pelayaran besar berlomba-lomba untuk membangun armada 18.000 TEUs agar bisa bersaing secara langsung dengan bandingan skala ekonomi yang pas.

Rencananya, kapal anyar ini akan mengisi bahan bakar di Rusia dan setelah itu, bergabung dengan saudara-saudaranya di rute Asia – Eropa (AE10) dalam waktu 2 minggu kemudian. Kapal ini akan menggantikan “Ebba Maersk” (15.550 TEUs)  yang nantinya akan bergeser ke rute lain.

Ebba Maersk akan menggantikan kapal “Maersk Semarang” (8.411 TEUs) yang kini bertugas di AE2 karenan nantinya sebagian kapal kelas 15.550 TEUS akan dipindah di rute ini. Maersk Semarang pindah tempat di Far East – South Africa west coast South Africa (AC3).

Sebelumnya, kapal-kapal yang memperkuat AC3 memiliki kapasitas rata-rata 6.000-7000 TEUS tapi kini disuntik dengan kapal 8.000 TEUs keatas. Hmmm, nambah berat nih target Sales team xi xi xi.

Congrats.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar