Sabtu, 01 Februari 2014

JT 010214 : “ITF” Tahan Kapal “Isis”

Federasi Pekerja Angkutan Internasional ato International Transport Workers’ Federation (ITF) mengeluarkan perintah proses penahanan atas kapal “Isis” sampai gaji 20 kru kapalnya serta kapten kapalnya dibereskan.

Sebagian besar kru kapal Isis sudah gak pulang hampir setahun lamanya. Katanya sih, pembayaran gaji akan dilakukan tgl 07/01/14 lalu tapi ternyata lewat juga tuh. Yang ngejanjiin perusahaan “Dema Carriers” yang bermarkas di Athena, Yunani.

Kapal ini sebelumnya pernah ditahan di Port Arthur, Texas, Amrik pada bulan September 2013 setelah sang pemilik dikabarkan mengalami kesulitan keuangan dan bilang gak mampu bayar kru kapal. Haaaah ?

Gaji baru  dibayarkan akhir Oktober 2013 sehingga kapal akhirnya bisa berlayar kembali dan membongkar muatan bahan baku di penyulingan gula Thames, Silverton, Inggeris Raya. Masalah muncul lagi. Oooooh ...

Tgl 02/01/14 lalu, kapal Isis ditahan setibanya di Silverton karena sertifikat keamanan (safety certificate) udah kedaluarsa. Kemudian diproses lagi tapi ITF keburu ngeluarin perintah penahanan sehingga kasusnya (kalo gak segera dituntaskan) bakal memanjang.

Kru kapal sudah dihimbau untuk tidak meninggalkan kapal hingga gaji mereka diselesaikan oeh owner kapal. Bagaimana kabar selanjutnya ? Yuuuk dituggu saja ya. Semoga punya hati nurani bahwa kalo owner punya keluarga, kru kapal juga demikian.

Ikut prihatin.


Sumber : SN-TR.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar