Selasa, 18 Februari 2014

JT 180214 : Individual Carrier Berencana Bangun Aliansi

Seperti diketahui, sejak tahun 1980-an sejumlah pelayaran melakukan kerjasama untuk mengoptimalkan kemampuan namun ada juga yang masih eksis bersolo karir alias berusaha mandiri dan gak tergantung pelayaran. Ada sih ada kerjasama, tapi masih sangat terbatas lingkupnya. Itulah yang kita namakan "individual carrier".

Kenyataan sekarang jauh berbeda dengan 20-30 tahun lalu. Kini setiap pelayaran justru dituntut untuk lebih terbuka dan membangun kerjasama lebih dekat, agar tidak lebur dihantam krisis. Sehebat apapun pelayaran tersebut, sudah bukan jamannya lagi untuk bersolo karir bila ingin tetap eksis tapi gak narsis he he he.

Ada sejumlah individual carrier yang masih nge-jomblo saat ini, semisal "Evergreen Line", "UASC" dan "CSCL". Kabar-kabar yang beredar di dunia maya, melihat gelagat kedekatan sejumlah aliansi strategis yang terbentuk lebih dulu seperti "G6" (kongsi antara The New World Alliance / TNWA + Grand Alliance / G.A) serta "Green Alliance" tapi lebih dikenal dengan nama "CKYH".

Terakhir, ada 3 (tiga) besar yang tengah mengintai mangsa, yakni P3 network yang merupakan kerjasama operasi "Maersk Line", "MSC" dan "CMA CGM". Dalam skala apapun - bila nantinya disetujui otoritas terkait - akan menjadi aliansi strategis terbesar sepanjang sejarah pelayaran dunia. Kehebatan 3 aliansi diatas (P3, G6 dan CKYH), di satu rute saja - sebut saja Asia / Mediterania - mereka menguasai pangsa pasar hingga 80 persen !

Menurut kabar-kabari, "Hanjin Shipping" (HJS) tengah berusaha menarik "Evergreen Line" masuk dalam lingkaran CKYH karena saat ini Evergreen memiliki armada yang boleh dibilang memadai untuk siap bertempur. Evergreen masih belum sreg walau sejumlah anggotanya memiliki kerjasama juga dengannya.

Lantas bagaimana dengan UASC (United Arab Shipping Co.) dan CSCL (China Shipping Container Lines) yang sama-sama tengah membangun armada berkekuatan besar, yakni order kapal +18.000 TEUs di galangan yang sama. Indikasi mereka akan berkolaborasi sudah lama diamati observer namun masih menunggu waktu yang pas.

Ikuti terus perkembangan yang ada dan sukses selalu. Selamat beraktifitas.


Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar