Senin, 03 Februari 2014

JT 030214 : Dua Insiden Tabrakan Di Singapura

Mirip pertandingan tinju, ada kata lawan (versus) segala ya. Parahnya, ini terjadi di lautan dan yang beradu kapal-kapal barang. Hmmm, parah juga ya. Dua kejadian ini terjai di perairan Singapura dan mereka lumayan cepat bereaksi.

Akhir Januari lalu, telah terjadi tabrakan yang melibatkan chemical tanker “Lime Galaxy” dan kapal kontainer berbendera RRCina, “Feihe”. Hasilnya, tangki minyak kapal Feihe bocor dan menimbulkan tumpahan minyak.

Keesokna harinya, ada insiden lain saat kapal kontainer berbendera Panama “NYK Themis” (pastinya sang operator NYK Line nih), bertabrakan dengan kapal tongkang “AZ Fuzhou” di sekitar kawasan Marina selatan.

Lagi, tangki minyak kapal “NYK Themis” bocor dan menimbulkan polusi diperairan setempat. Untuk itu pihak Maritime and Port Authority (MPA) Singapura berkoordinasi melakukan pembersihan dan upaya pencegahan meluasnya bocoran minyak tadi.

Sebab-sebab kejadian masih dalam investigasi sedangkan ke-4 kapal yang mengalami tabrakan sudah disandarkan untuk pengecekan lebih lanjut. Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan diatas hanya mengatasi tumpahan minyak saja.

Semoga lancar ...


Sumber : SN – TR.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar