Minggu, 02 Februari 2014

JT 020214 : “MSC Sarah” Kandas


Sejarah kapal kandas hampir ngga lepas dari laporan setiap berita di dunia maya. Bisa terjadi di sungai, danau bahkan hamparan selat yang relatif dibilang aman, ehh tahu-tahu kandassssss. Zzzh ada ada aja ya.

Belum lama ini, kapal kontainer “MSC Sarah” dilaporkan kandas di Laut Marmara, saat dalam perjalanan dari Portugal ke Ambarli. Kapal kandas setelah melewati Selat Dardanela, Turki. Oh iya, kapal ini dioperasikan oleh perusahaan pelayaran terbesar ke-2 di dunia, "Mediterranean Shipping Co.” (MSC) dan memiliki panjang 294 meter.

Kapal berbendera Malta ini, setelah sejam lebih berkutat untuk melepaskan diri, akhirnya berhasil. Kapal kemudian melanjutkan perjalanan ke Sines, Perancis. Alasan kapal kandas masih belum diketahui.

Sejauh ini tidak ada polusi akibat kapal kandas sejenak. Kedalaman selat saat itu diperkirakan sekitar 11 meter. Kapten kapal sempat mengirmkan pesan ke Vessel traffic Service Center (VTS) dan “Turkish Coastal Dafety Administration” mengirim kapal pandu “Kurtama 10”.

Kejadian kandas terjadi di Cardak Bank, dekat propinsi Gallipoli, Turki. Kapal ini diawaki 29 anak buah kapal (ABK) dan muatan kontainer di atas kapal sekitar 38.955 ton, termasuk minyak 2.506 ton dan solar 179 ton.

Area yang sama pernah jadi momok kapal MSC saat kapal kontainer “MSC Roberta” di tahun 2005 lalu, bertabrakan dengan kapal “Aegean Wind”. Saat itu, 3 (tiga) kru kapal MSC Roberta meninggal dunia. Turur berduka.

Berhati-hatilah ...

Sumber : SN-TR.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar