Kamis, 06 Februari 2014

JT 060214 : TT Club – Industri Bayar Jutaan Dollar Akibat Kemasan Tidak Optimal

“TT Club” yang selama ini dibentuk untuk memonitor pelaksanaan yang berlaku secara umum di industri maritim dunia, beranggapan bahwa kelompok industri harus merogoh kocek jutaan dollar untuk membayar kerusakan yang ditimbulkan akibat kemasan yang jelek dan gak optimal.

Bisa dibayangkan, kesalahan akibat pengemasan di dalam era kontainerisasi mencapai 2/3 dan itu bukan jumlah yang sedikit. Portal pelayaran via “Cargo Incident Notification System” (CINS) menyebutkan, 1/3 kecelakaan yang mereka selidiki, mengakibatkan beban biaya dan gangguan operasional.

Hal ini penting untuk disadari, karena tidak hanyan bisa mengakibatkan kecelakaan (melukai seseorang) tetapi yang terjelek menewaskan operator. Demikian disampaikan oleh Risk Management Director TT Club Peregrine Storrs-Fox.

Meningkatkan pelatihan kepada semua unsur terkait, seperti Pelanggan, transporter, konsolidator, operator pergudangan maupun pengelola depo amatlah diutamakan. Tak salah pula bila TT Club mengajak “Exis Technologies” yang sempat mengembangkan e-learning course IMDG Code, kini dipercaya mengembangkan pelatihan pengemasan berlabel “CTUpack e-learning course".

Kabarnya, rujukan semua program pelatihan tersebut mengacu kepada arahan ILO, IMO dan United Nations Economics Commission for Europe Guidelines. Usulan ini masih belum wajib tetapi akan segera diberlakukan.

Ikuti terus perkembangannya karena diperkirakan tahun ini juga sudah mulai disosialisasikan. Take care …

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar