Sabtu, 01 Juni 2013

JT 010613 : KM "Lintas Bahari Utama" Tenggelam Di Tg Priok Jakarta

JAKARTA: Insiden tabrakan kapal barang di laut kembali terjadi di Tanah Air. Sebuah kapal kontainer KM “Lintas Bengkulu” menabrak KM “Lintas Bahari Utama” (LBU) pada hari Jumat 31/05 sekitar jam 21.10. Akibat tabrakan tersebut kapal LBU tenggelam dan 13 awaknya berhasil diselamatkan sedangkan sisa 1 awak hilang / belum ditemukan.

Dirjen Perhubungan Laut, Capt. Bobby R. Mamahit pada hari Sabtu 01/06 langsung melakukan kunjungan ke lokasi. Di tempat kejadian bekas kapal LBU tenggelam terlihat jelas, dengan menyisakan lunas diatas permukaan laut.

Capt Bobby R. Mamahit memerintahkan pencarian segera bagi awak kapal yang belum berhasil ditemukan, mencari sumber-sumber yang bisa menyebabkan polusi serta memerinthakna pemasangan rambu agar kapal yang keluar masuk alur bisa aman.

Untuk diketahui, KM Lintas Bahari Utama milik PT Bahana Wahana Khatulistiwa (BWK) mulai bergerak meninggalkan dermaga 108 pada pukul 20.55 dengan membawa kontainer 79 boxes ato 62x20’ + 17x40’).

Ketika kapal tersebut keluar, secara bersamaan masuk KM Lintas Bengkulu yang dioperasikan PT Lintas Kumala Abadi (LKA) dan selanjutnya, terjadilah tabrakan yang tak terhindarkan. Usai tabrakan, kapal LBU miring dan akhirnya tenggelam.

Berdasarkan laporan MarineTraffic, kapal barang ini sebelumnya memiliki riwayat nama sebagai berikut: “Bjornfjell” (1979), “Glasvik” (1994) dan “Jackson” (1995). Namun entah kapan, kapal tersebut berganti nama menjadi LBU. Tidak ada data akurat mengenai LBU kecuali, ya itu tadi.

Sebab-sebab kecelakaan masih dalam investigasi pihak berwajib. Ikut prihatin deh.

Sumber : Dephub.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar