Senin, 10 Juni 2013

JT 100613 : RRCina Beli Teknologi Kapal Kontainer Bahan Bakar LNG


Bila isu ini benar, ini bakal menjadi tonggak sejarah tersendiri, disamping akan terjadi kehebohan sendiri dimana hampir semua galangan pernah dihimbau untuk membangun kapal kontainer berbahan gas alam cair, namun respon yang didapat oleh Perserikatan Bangsa Bangsa melalui International Maritime Organisation (IMO), masih minim.

Akankah terobosan yang dilakukan galangan RRCina, dengan membeli lisensi dari Jerman bakal membawa keuntungan berlipat, sekaligus mencuri start dalam antisipasi pembangunan kapal kontainer masa depan yang minim polusi dan sederet persyaratan yang ditetapkan oleh organisasi internasional lainnya ? Hmm menarik juga.

Kabar yang beredar, kongsi galangan kapal di Cina daratan, bakal memakai lisensi Teknolog Gmb, Hamburg, Jerman dalam memproduksi kapal kontainer berbahan bakar gas alam cair atau lebih dikenal dengan LNG (liqufied natural gas) - demikian sebagaimana dirilis media berbasis di New York, "Marine Log".

Lisensi ini diajukan oleh perusahaan pelat merah RRCina, SUMEC Marine Company, yang berinisiatif membangun kapal kontainer dengan kapasitas antara 3.500 - 5.000 TEUs dan akan dipromosikan ke 10 galangan kapal besar di propinsi Jiangsu.

Bukan RRCina bila tak bergerak cepat. Dan, spesifikasi detilnya belum dirilis luas kecuali memang kondisi kapal ini bisa memenuhi : pengurangan emisi karbon hingga 30 persen, bila dibandingkan dengan kapal sejenis yang menggunakan bahan bakar bukan LNG. Wooow keren !

Walau belum lazim tapi RRCina memang berambisi menjadi pelopor galangan kapal yang memproduksi unit hemat energi dan ramah lingkungan. Akankah galangan Korea Selatan dan Jepang yang selama ini memimpin didepan akan tinggal diam ? Gak juga 'lah. Bisa dilihat dalam beberapa bulan ke depan deh.

Oh ya, kapal jenis terbaru ini akan memasang teknologi yang disebut "STREAM" yang artinya "Sustainable Transport, Reliable, Economic And Ambitious". Kapal kontainer ini dikembangkan IPP (Ingenieur Partner Pool GmbH) - demikian bunyi laporan tadi.

Kelebihan apa saja yang dimiliki oleh disain kapal kontainer berbahan bakar LNG ciptaan Teknolog ini ? Dalam waktu dekat pasti akan dirilis secara resmi untuk konsumsi publik. Stay tune ...

Mantabz. Teknologi yang begini nih yang diperlukan untuk menyelamatkan industri maritim dunia. Percayalah dan bila benar dan kita suka banget, ramah lingkungan. Benar tidaknya, kita tunggu kelanjutannya ya. Bye.


Sumber : Dari Sana-sini / Kredit Foto : GL Group..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar