Selasa, 25 Juni 2013

JT 250613 : HHI Incar Order 17 Kapal UASC

United Arab Shipping Co. (UASC) berharap galangan kapal Hyundai Heavy Industries (HHI) bisa memenangkan tender pembuatan kapal barunya, rupanya HHI pun berharap yang sama. Klop lah kalo dikasih judul tuh.

UASC berencana membangun 17 unit ultra-large containerships (ULCS) senilai USD 2 milyar, dengan komposisi 11 x 14.000 TEUs dan 6 x 18.400 TEUs, yang akan dioperasikan di rute Asia – Eropa (AE), bekerjasama dengan China Shipping Container Lines (CSCL).

Pengiriman pertama akan dimulai awal tahun 2015. Top deh ! Dalam beberapa tahun belakangan, kerjasama CSCL dan UASC sudah mencapai tingkat yang boleh dibilang sering banget sehingga saat memutuskan membuat kapal terbaru dan memilih shipyard, UASC maupun CSCL memilih HHI.

Para pengamat berasumsi, bisa jadi spesifikasi kapal keduanya gak akan jauh berbeda karena dipesan di galangan yang sama dan untuk kerjasama jangka panjang keduanya. Alih-alih keduanya bekerjasama, jangan-jangan sudah dibicarakan antar keduanya he he he.

Harga kapal kontainer 14.000 TEUs saat ini sekitar USD 110-120 juta per unit sedangkan untuk kapal 18.400 TEUs berkisar USD 140-145 juta per unit. Harga pastinya sih tergantung spesifikasi dan galangan mana yang dipake.

Congrats dan harapannya, hadirnya ULCS ini bakal menjadikan kompetisi semakin baik di masa datang. Gak ada yang tahu volume di tahun-tahun mendatang seperti apa. Just pray ...


Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar