Rabu, 26 Juni 2013

JT 260613 : “Simatech” + "MSC" Buka Pasar Somalia

Buat sebagian orang, mendengar mana Somalia pasti gatel dan gregetan. Pasalnya, negeri ini penuh kontroversi dan kemelut yang tak kunjung usai, hingga saat ini. Belum lagi masalah perompak kapal yang membuat negeri ini tercoreng. Tapi buat bisnis, gak ada yang mustahil.

Setidaknya, pelayaran spesialis "Simatech" yang bermarkas di Dubai, belum lama ini menambah kapal ke-2 di Mogadishu feeder sehingga jalur masuk ke Somalia semakin luas dan perdagangan dengan Timur Tengah semakin terbuka luas.

Sejak Januari 2013, Simatech mengoperasikan 1 (satu) unit kapal dengan frekuensi per 10 harian. Kini kapal menjadi 2 (dua) unit sehingga eksistensi Simatech dan Somalia menjadi lebih dikenal masyarakat internasional. Dua kapal Simatech dimaksud: "Sima Pride" (1.221 TEUs) dan "Ania" (1.684 TEUs).

Simatech termasuk perusahaan yang berani-nekad namun pasti memiliki perhitungan biz tersendiri karena tak hanya membuka rute di pusaran konflik, tetapi juga mendapat persetujuan pemerintah Somalia membangun pelabuhan senilai USD 70 juta, disamping ada pula rencana membangun akademi maritim.

Nantinya, akademi ini bakal membina dan mendidik generasi muda Somalia yang dikenal berani menjadi pelaut-pelaut tangguh. Pun dimungkinkan peserta pendidikan datang dari luar negeri - sepanjang kurikulumnya ok banget.


Rupanya gak cuma Simatech yang bakal nyemplung di Somalia. MSC pun kabarnya menyiapkan kapal "JAS Express" (1.340 TEUs) di akhir Juni 2013 untuk meramaikan pasar Som-se (Somalia senang). Padahal kapal ini isunya mau dihancurkan ehh tapi malah nongol di ujung tanduk benua Afrika.

Kapal sepanjang 177 meter ini dan dibangun di tahun 1992, awalnya dimiliki MC Schiffahrt dan memiliki keunikan tersendiri. Ada palka untuk kontainer dan non-kontainer serta kemampuan crane ada yang 30 ton dan 35 ton.

Sebelumnya, kombinasi kapal kontainer dan bulk ini pernah dioperasikan oleh Tasman Orient Line (TOL) serta bertugas di area Pasifik. Muatannya pun kombinasi antara kontainer dan break bulk.

Benar-benar Som-Se !


Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar