Jumat, 07 Juni 2013

JT 070613 : CMA CGM Dorong Kenaikan Tarif

Remuknya struktur tarif di rute Asia – Eropa (AE) selama beberapa tahun belakangan ini cukup membuat sejumlah pelayaran global berakrobat menyiasati strategi harga yang sangat fluktuatif dan sulit diprediksi.  
 
CMA CGM yang mayoritas sahamnya masih dikuasai keluarga, berusaha keras untuk mendorong penyesuaian harga ini sukses, apalagi bila didukung pemain besar lain. Yang sudah siap menjalankan strategi serupa, yakni Maersk Line.

Selaku pelayaran terbesar dan nomor 3 di dunia, partiisipasi Maersk Line dan CMA CGM sangat menentukan. Apalagi bila pelayaran ke-2 terbesar, MSC ikut serta, akan semakin kokoh kampanye kenaikan tariff yang digagas pemain unggulan. 

Pelayaran Perancis ini mensosialisasikan agar tariff AE naik ke kisaran USD 1.375 / container -  dari angka saat ini USD USD 600 / container. Harga Asia – Med coba didorong ke angka USD 1.200 / container, dari posisi saat ini di angka USD 900 / container. 

Maunya sih kalo bisa mulai berlaku per tanggal 01/07/13. Kondisi tariff terparah memang diialami di AE dimana mayoritas pelayaran global menempatkan kapal-kapal terbarunya disini. CMA CGM pun yang kini menaruh 3 x 16.000 TEUs di FAL, cukup puyeng memikirkan perihal tariff ini.

Di musim panas ini, kalo gak ada halangan, Maersk Line akal mengoperasikan kapal terbesarnya yang diberi kode “triple E-class” dan segera bakal diikuti China Shipping Container Lines (CSCL) dan United Arab Shipping Co. (UASC), Artinya kapasitas terpasang bakal semakin melonjak.

Akankah berhasil strategi ini ? Kita lihat bersama-sama ya. Moga-moga lancar deh.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar