Sabtu, 22 Juni 2013

JT 220613 : STX PO Masuk Program Restrukturisasi

Pelayaran Korea Selatan teranyar yang tengah sekarat dengan kondisi keuangan, STX Pan-Ocean (STX PO) akhirnya diperbolehkan ato mendapat persetujuan sementara untuk direhabilitasi hingga beberapa bulan ke depan.

Sampai semua kondisi normal (memang butuh waktu sih), STX PO berusaha melobi kesana-kemari karena di pasaran beredar rumors bahwa sejumlah kapalnya ditahan ato gak bisa menerima muatan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

STX PO mengoperasikan, selain kapal break bulk juga kapal kontainer di seluruh dunia. Namun dengan munculnya isu kegentingan sikon keuangan, menyebabkan Customer maupun agen-agennya diseluruh Asia (terutama) galau dan gak tahu harus ngapain.

Pastinya sih, saham STX PO yang diperdagangkan di bursa Korea Stock Exchange mengalam penurunan drastis, setelah beredarnya isu dahsyat ini. Harga saham per 17/06 lalu, sudah turun 15 %, sejak STX PO masuk bursa di tahun 2007 silam. Sahamnya kini sudah dihentikan perdagangannya.

Per tanggal 17/06 STX PO memasuki tahap restrukturisasi ato rehabilitasi (corporate rehabilitation), atas perintah pengadilan Seoul. Bagaimana tahapan selanjutnya untuk proses normalisasi aktifitas di tubuh STX PO, masih digodok dan kita tunggu perkembangan selanjutnya.

Rujukan sebelumnya, silahkan baca : JT 110613 : “STX Pan Ocean” Kritis.


Sumber : Lloyd List.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar