Jumat, 21 Juni 2013

JT 210613 : “MOL Comfort” Terapung & Terbelah

Keajaiban sedang menyelimuti “MOL Comfort”, setidaknya hingga hari ini. Kapal kontainer yang memiliki kapasitas gede diatas 8.000 TEUs ini masih mengapung di laut walau sudah terbelah dua bagian dan siap-siap ditarik ke pelabuhan terdekat walau harus dilakukan dengan ekstra hati-hati.

Kapal sepanjang 316 meter ini tengah membawa sekitar 4.500 kontainer saat mengalami musibah sekitar 840 mil laut dari lepas pantai Jeddah namun pertolongan pertama datang dari Penjaga Pantai India. Sebab-sebab kecelakaan masih dalam penyelidikan otoritas terkait.

Kru kapal yang berjumlah 26 orang (12 berkebangsaan Rusia dan 14 kru berkebangsaan Filipina) berhasil diselamatkan secara kolektif. Menurut salah satu media internasional, Indian Coast Guard menyebutkan kapal MOL Comfort tenggelam.

Nyatanya kapal masih terapung walau terbelah dua namun kita semua juga berharap bisa diselamatkan, terutama muatan kontainer yang sedang dalam perjalanan ke tujuan akhir. Bila gagal, potensi klaim akan sangat besar dan merusak reputasi pelayaran Jepang ini.

Selain pasukan Penjaga Pantai India yang melakukan pertolongan, 3 (tiga) kapal kontainer lain yang tengah melintas, juga memberikan pertolongan, mereka adalah : MV. Hanjin Beijing (milik Hanjin Shipping), MV. Zim India (Zim Line) dan MV. Yantian Express (H-L).

Kabar sebelumnya, silahkan baca JT 190613 : Update – Mitsui Kirim Tim Penyelamat “MOL Comfort”, JT 180613 : “MOL Comfort” Hilang Di Laut Arab dan JT 170613 : Tragedi pelayaran Minggu ini (masih dalam status isu sehinggu menunggu kejelasan).

Semoga proses evakusi dan penyelamatan MOL Comfort dapat berlangsung lancar. Kita akan monitor perkembangan selanjutnya.

Sumber : SN-TR.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar