Rabu, 12 Juni 2013

JT 120613 : “CMA CGM” Tambah 6 x 16.000 TEUs

Kabar-kabar yang didapat sih begitu. Pelayaran Perancis ini tengah mencari-cari dan mencoba menambah koleksi kapal super gede (ultra large containership / ULCS) dengan kapasitas 16.000 TEUs supaya berjumlah 9 (angka keberuntungan kali yee ?).

Saat ini, CMA CGM memiliki 3 (tiga) unit kapal berkemampuan 16.000 TEUs dan 3 unit tambahannya sedang dinego dengan galangan kapal “Samsung Heavy Industries” (SHI) dan bakal dikirim sekitar tahun 2015 mendatang.

Lantas yang 3 (tiga) unit lagi ? Bisa jadi sewa dari pemilik kapal yang berbasis di RRCina ato pemilik lain, tidak menutup kemungkinan tersebut. Masalahnya, yang mau membangun kapal segede ini masih jarang, jadi peluang bagus kah ? Entahlah.

Di tahun yang silam, CMA CGM pernah menggandeng juragan kapal Jerman, Claus Peter Offen namun hingga kini belum pernah terwujud – demikian menurut media “Fairplay”. Apakah masih ada kesempatan diatas, belum bisa dikonfirmasi juga.

Pasalnya, Rodolphe Saade hanya menyebutkan dan mencari 3 (tiga) unit kapal tambahan ato berstatus sewa, disamping yang sudah disepakati membangun 3 unit kapal setipe diatas. Kalo semua menjadi beban CMA CGM rada berat dan dimaksudkan untuk mengantisipasi kondisi pasar juga sih.

Berhasilkah CMA CGM meng-klop-kan angka 9 untuk armada kapal 16.000 TEUs-nya ? Kita tunggu saja ya ....


Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar