Senin, 24 Juni 2013

JT 240613 : Kapal Kontainer Terbesar Di Dunia, “Maersk Mc-Kinney Moller”

Boleh dibilang perlombaan memiliki kapal kontainer terbesar di dunia, bergulir teruuuus. Bukan lagi wacana tetapi sudah menjadi kenyataan. Namun situasi perekonomian dunia yang kurang mendukung, yang membuat pelayaran besar galau juga.

Bagaimana tidak, kelebihan pasok saja sudah bisa meregang nyawa pelayaran. Raport merah pertanda perusahaan gak bisa mengambil keuntungan, pertanda siap-siap diakuisisi ato dipailitkan ato meminta proteksi ? Ya sudahlah.

Sekarang, pelayaran nomor satu dunia, Maersk Line, baru saja meresmikan nama kapal barunya “Maersk Mc-Kinney Moller” dan masuk kategori terbesar karena kapasitasnya yang mampu mengangkut 18.270 TEUs.

Acara penamaan kapal ini dilakukan minggu lalu di galangan DSME Shipbuilding, Okpo, Korea Selatan dan diwakili oleh puteri termuda dari pasangan pendiri pelayaran ternama asal Denmark, Emma dan Maersk Mc-Kinney Moller yakni Ane Maersk Mc-Kinney Uggla (foto).

Nama Maersk Mc-Kinney Moller diabadikan karena menghormat mendiang sang ayah yang juga pendiri kerajaan bisnis A.P Moller (APM) – Maersk Group, pernah menjabat sebagai CEO dan dewan komisaris hingga akhir hayatnya. Mc-Kinney wafat tahun lalu.

Mc-Kinney merupakan putera Arnold Peter Moller, sesepuh sekaligus inspirator kelompok usaha Denmark, yang tidak hanya berjaya di industri kapal kontainer tetapi juga merambah eksplorasi lepas pantai, tanker, maskapai penerbangan, galangan kapal dan industri transportasi lainnya.

Congrats.


Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar