Jumat, 28 Juni 2013

JT 280613 : Belahan “MOL Comfort” Tenggelam


Berita terbaru yang diperoleh tim redaksi semalam, bagian buritan (aft apart) kapal kontainer “MOL Comfort” mulai berangsur-angsur tenggelam akibat kondisi cuaca yang kurang bagus dan karena banyaknya air yang masuk ke dalam kapal. Finalnya : tenggelam beneran.

Bagian depan kapal yang terbelah, sejauh ini aman-aman saja dan termasuk stabil saat ditarik ke lokasi pelabuhan terdekat.  Opsi paling memungkinkan Salalah, Oman. Namun bisa juga ke pelabuhan lain namun media setempat meyakini Salalah sebagai pelabuhan terdekat.

Kondisi kapal bagian belakang saat ini dalam kondisi kritis karena sejumlah kontainer yang berjatuhan di atas dek serta guncangan ombak dan di lokasi cuaca buruk. Lokasi keduanya kini berjauhan, fore di lokasi 15’52’’N 68’53”E dan aft di lokasi 14’13’N 66’04’E.


Penyebab kejadian terbelahnya kapal ini masih dianalisis namun sebagian ahli mulai mereka-reka, dengan menyampaikan perkiraan terkait disain kapal dan struktur bangunan dasar, ketidakseimbangan muatan kapal akibat dokumen palsu alias berat yang dilaporkan bukan yang sebenarnya hingga sistem balast kapal yang diduga mengalam kerusakan.

Untuk lebih detilnya, mending nunggu hasil kajian resmi dari pihak MOL dan yang berwenang. Setidaknya, ungkapan tadi bisa disimpan dulu untuk dibuktikan kebenarannya, suatu hari kelak. Cocok gak ya ? Gitu.

Kronologis kejadian terkait isu kapal “MOL Comfort”, silahkan baca : JT 270613 : “MOL Comfort” Ditarik Ke Salalah ?, JT 230613 “ MOL Sewa Tim Penyelamat, JT 210613 : “MOL Comfort” Terapung Dan Terbelah, JT 190613 : Update – Mitsui Kirim Tim Penyelamat “MOL Comfort”, JT 180613 : “MOL Comfort” Hilang Di Laut Arab dan JT 170613 : Tragedi Pelayaran Minggu ini.


Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar