Kamis, 20 Juni 2013

JT 200613 : “Maersk”, “MSC”, “CMA CGM” Bersatu

Bersatu dalam apa dulu ? Jangan menafsirkan dengan istilah “merger” ya. Judulnya aja kelihatan vulgar he he he. Bersatu untuk pertama kalinya secara bersama-sama, mencanangkan operasi bersama. Biasanya dua diantara tiga mengeroyok yang lain.

Kini bukannya jaman keroyokan lagi tetapi keinginan bersinergi ato bersatu menjadi lebih ampuh ketimbang jalan sendiri-sendiri. Kompetisi semakin rumit dan perlu mengurai kerumitan dengan kesederhanaan berpikir dan mau saling mengisi kekurangan masing-masing pelayaran. Prikitiw.

Belum lama ini Maersk Line, MSC dan CMA CGM mendeklarasikan dengan nama “P3 Network” dan bakal mengolah abiiiz 29 loop dengan armada 255 kapal ato setara dengan 2,6 juta TEUs, merupakan kekuatan super yang bisa menggoyang biz  pelayaran global di masa depan – klo semuanya lancar loh ya.

Tiga area yang bakal dikerjasamakan : Asia – Eropa (AE), Trans Pasifik (TP) dan Trans Atlantik (TA). Maersk Line akan berkontribusi 42 %, MSC 34 % dan CMA CGM 24 % di dalam aliansi strategis anyar ini. Woooow, kereeeen !

Kapal tetap dimiliki oleh masing-masing pelayaran dan aktifitas sales / marketing / customer service, tetap berjalan sendiri-sendiri. Hanya pola operasinya saja yang dilebur. Jadi bersatu disini, bersatu dalam servis supaya efisien dan simpel.

Efektif mulai kapan ? Finalisasi konsepnya akan dituntaskan di kuartal 4 – 2013 dan akan dioperasikan mulai kuartal 2 – 2014. Watch Out !


Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar