Kamis, 27 Oktober 2011

JT 271011 : CMA CGM Laperouse Masuk ECT Rotterdam

Salah satu kapal terbesar dijajaran armada milik perusahaan pelayaran Perancis, CMA CGM Laperouse (13.334 TEUs) memasuki pelabuhan ECT Rotterdam hari Selasa (25/10) pagi. Kapal ini bertugas di loop FAL 1.

Memiliki panjang 365 meter dan lebar 51 meter, jelas ini kapal bisa dikategorikan menyaingi 3 kali lapangan sepak bola berstandar internasional. Kapal ini memiliki struktur yang kokoh dan kelihatan stabil – pembandingnya mungkin kapal MSC Beatrice.


Dibangun di galangan kapal Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering (DSME) tahun 2009 lalu, CMA CGM Laperouse merupakan sudara ke-7 dikeluarganya (sisterships), selain CMA CGM Amerigo Vespucci dan CMA CGM Corte Real.

Sejauh ini pertarungan memenangkan siapa pemilik kapal terbesar, masih terus bergulir. Dari waktu ke waktu, ada aja yang lebih besar sedikit dan jadilah dia yang terbesar. Tetapi bila Maersk membangun kapal 18.000 TEUs, akankah ini menjadi yang terbesar juga ?

Entahlah. Dunia bisnis terus berkembang dan selalu ada masanya untuk mengatakan yang terbesar tetapi tidak ada yang abadi (di dunia ini). berubah dan berubah.

Sumber : SOTD.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar