Rabu, 26 Oktober 2011

JT 261011 : Evergreen Beli 10 x 8.800 TEUs

Melalui pembiayaan sindikasi bank yang dipimpin Bank of Taiwan, pihak Evergreen Group akhirnya bisa mewujudkan mimpi membangun armada kapal anyar setelah bertahan cukup untuk memutuskan kapasitas ideal bagi kekuatannya di masa depan.

Total pinjaman yang diperoleh mencapai USD 824 juta, hasil urunan dari 9 (sembilan) bank, akan digunakan untuk membangun armada kapal Evergreen masa depan, dengan kekuatan 10 unit 8.800 TEUs. Pesan dimana ?

Ngga jauh-jauh koq, order diberikan ke China Shipbuilding Corporation (CSBC), Taiwan. Menurut rekaan pusat riset maritim ternama Alphaliner, sektor pelayaran dalam 4 tahun kedepan membutuhkan dana sekitar USD 57 milyar. Wooow !

Kapal seri ini akan dimasukkan dalam kategori L-class, total panjangnya 334,8 meter dengan beam 45,8 meter dan draft 14,2 meter. Walaupun Evergreen memasukkan kategori ini dalam kelas 8.000 TEUs namun dimesi aslinya tetap mengacu 8.800 TEUs.

Total dana yang difokuskan untuk membangun 10 unit L-class ini, bernilai USD 1 milyar lebih dan rencana pengirimannya akan dimulai September 2013 mendatang. Kelamaan nunggu ? Ngga juga lah yaw, malah siapa tahu kondisi perekonomian lagi prima. Siapa tahu ?

Kapal produksi CSBC Taiwan ini dibagi ke 3 (tiga) perusahaan dalam keluarga besar Evergreen, yakni 3 unit untuk EMC, 4 unit Evergreen Marine (UK) Ltd dan 3 unit Evergreen Marine (Singapore) Ltd. Jelas dan adil khan.

Selain dari CSBC, Evergreen juga memesan kapal setipe dari galangan kapal ternama Korea Selatan, Samsung Heavy Industries (SHI). Malah spesifikasi kapal yang dibuat di SHI nantinya akan dipakai juga di CSBC.

Mantap !

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar