Minggu, 02 Oktober 2011

JT 021011 : Daesun & STX Dalian Bukukan Order Baru


Korea Selatan, lagi-lagi berjaya dalam hal mengelola dan mendapatkan pesanan kapal baru dari pelayaran kecil, menengah hingga skala global. Yang dicatat disini, cukup skala kecil dulu. Yang gede-gede khan udah keseringan.

Kabarnya, Daesun Shipbuilding & Engineering (DSE) berhasil membukukan kontrak 1 + 1 kapal 1.000 TEUs, pesanan dari Korea’s Shipping Bank. Kapal ini nantinya akan disewakan ke pihak Korea Marine Transport Co. (KMTC).

Periodenya ngga disebutkan tetapi disebut-sebut untuk masa yang cukup lama. Kapal ini diprediksi selesai tahun 2013 mendatang. Harga konstruksi saat ini sekitar USD 19,8 juta. Daesun menawarkan kapal yang hemat energi – begitu kabarnya.

Kalau Daesun tergolong baru (terdengar) namun nama STX pastinya sudah sering terdengar. Salah satu afiliasinya STX Dalian Shipbuilding kabarnya sukses mengunci order 8 x 2.000 TEUs kepunyaan Sea Consortium (Seacon).

Total order senilai USD 240 juta, dengan masa pengiriman kapal pertama sekitar April 2013. Tahun ini, galangan di Dalian diproyeksikan dapat menyelesaikan 30 kapal dengan nilai kontrak USD 3,3 milyar. Mantap !

Korsel saat ini merajai kiprah konstruksi kapal komersil sedunia. Bravo dan salut deh.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar