Senin, 24 Oktober 2011

JT 241011 : Kapal CSAV & HDS Banyak Nganggur

Pusat riset yang bermarkas di Paris, Alphaliner merilis info yang cukup logis dimana jumlah kapal yang mangkrak (idle) selama bulan September 2011 meningkat tajam, menjadi 156 unit. Padahal tahun lalu sudah cukup dianggap fatal, dengan jumlah 128 unit di bulan yang sama. 

Total idle capacity mencapai 335.000 TEUs, dibanding 3 bulan sebelumnya yang hanya 75.000 TEUs. Non-Operating Owner (NOO) menelantarkan 232.000 TEUs sementara pelayaran berkontribusi dengan 103.000 TEUs.

Lantas kira-kira siapa sih yang paling banyak memarkir kapalnya saat ini ? Sidik punya sidik ternyata CSAV (Cile) dan HDS Lines (Iran) yang berkontribusi yakni hampir 25 % dan 10 %. Angkanya cukup mengerikan karena dihitung dari jumlah total kapasitas yang ada.

Sekarang ini, idle capaity mendekati angka 2,5 % tetapi seperti kita ketahui di tahun ini banyak bertebaran kapal gede turun dari galangan dan menyita perhatian di rute Asia – Eropa dan Eropa – Amrik. Sisanya ?

Ya cari lahan untuk bisa bertahan hidup ato berkolaborasi dengan para Raksasa yang siap melahap si Tanggung. Survival of the fittest tetap berlaku dimana pun. So, stay tune. Oh ya ada yang nanya HDS itu siapa ?

Gak perlu lah yaw, sudah pada tahu semua koq. Prihatin aja lihat kondisi industri maritim saat ini. Kesannya suram banget sih.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar