Selasa, 11 Oktober 2011

JT 111011 : MNZ Minimalisir Dampak Rena


Siapa sih Rena ? Itu pertanyaan awal bila belum menyimak info sebelumnya. Kalo ngga tahu sejarahnya bisa bergosip yang lain-lain pula. Makanya baca dulu deh JT 091011 : Kapal Kontainer Rena Kandas di NZ.
 
Otoritas terkait disana, Maritime New Zealand (MNZ) telah meningkatkan upaya-upaya penyelamatan kapal kontainer Rena yang kandas di Astrolabe Reef – dekat pelabuhan Tauranga, agar polusi yang ditimbulkan ngga separah yang diperkirakan.

Kapal berkapasitas 3.300 TEUs ini dikabarkan menebar polusi berupa tumpahan minyak dan sudah ribuan ikan dan spesies burung mati karenanya. Kini ancaman meluas dan mengarah ke arah pantai dan pihak MNZ sudah mengeluarkan exclusion zone 1 (satu) kilometer.

MNZ pun sudah merilis “oil spill contingency plan” serta menunjuk perusahaan penyelamat (salvage firm) Svitzer yang berbasis di Kopenhagen, untuk menangani isu ini. Upaya awal memompa tumpahan minyak 1.500 ton dikabarkan gagal.

Ports of Auckland (POAL) mengirimkan bantuan berupa 1 (satu) tugboat Waka Kune untuk membantu penyelamatan diatas. Kapal Rena dimiliki Ciel Shipmanagement – afiliasi Costamare yang bermarkas di Athena, Yunani.

Kapal berbendera Liberia ini disewakan ke pihak Mediterranean Shipping Co. (MSC), bertugas di servis Capricorn dan pada saat kejadian, sedang dalam perjalanan dari Napier menuju Tauranga, membawa 2.100 kontainer.

Semoga upaya-upaya yang tengah dioptimalkan di lapangan, bisa meminimalisir dampak terburuk bagi NZ secara khusus. Take care.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar