Minggu, 09 Oktober 2011

JT 091011 : Kapal Kontainer Rena Kandas di NZ

Sebuah kapal kontainer berbobot 47.000 dwt, Rena, kandas di lepas pantai North Island, Selandia Baru (akrab disebut New Zealand dan disingkat NZ). Yang dikhawatirkan masyarakat Selandia Baru adalah akibat, bila kapal tersebut terbelah.

Kapal terbelah (patah) berarti akan menimbulkan polusi akibat tumpahan minyak ke wilayah sekitar, diantaranya Bay of Plenty. Area yang bakal terkena sekitar 5 kilometer, dimana kapal tersebut masih menyimpan 1.700 ton minyak. Ooops !

Kejadiannya awal minggu ini tuh. Nick Smith selaku Menteri Lingkungan Hidup mengkhawatirkan, insiden di sektor maritim ini bisa menjadi petaka terbesar dalam sejarah NZ. Tim penyelamat sudah diturunkan dan ditugaskan mengantisipasi dampak tumpahan tersebut.

Hari ini, PM Selandia Baru, John Key dan Menteri Perhubungan Steven Joyce (lihat foto) langsung turun dari Taurunga dan menumpang helikopter meninjau lokasi kandasnya Rena di seputar Astrolabe Reef. Key cuma heran, kapal ini gede banget ya ?,

Dia heran bertanya-tanya, kenapa hal ini bisa terjadi dan siapa yang akan bertanggung jawab. Evakuasi membutuhkan waktu lama namun upaya mendesak akan mengeluarkan kapal dalam waktu 30-40 jam. Perlu kerja sangat keras. Belum lagi membongkar kontainer diatas karang ?

Penyebab kandasnya kapal ini belum jelas namun disebut-sebut sempat menabrak karang sebelum akhirnya kandas di posisi sulit. Kejadiannya di hari Rabu pagi. Operatornya sih jelas cuma mending menunggu hasil investigasi dulu ya. 

Menyusul deh kalo ada perkembangan penting.

Sumber : STA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar