Sabtu, 30 Agustus 2014

JT 300814 : “Evergreen” Peroleh “Thalassa Doxa” 13.808 TEUs


Ini merupakan kapal ke-9 dari 10 unit yang dipesan oleh juragan kapal asal Yunani, “Enesal”, dan disewakan selama 10 (sepuluh) tahun ke pihak Evergreen Line. Enesal memesan kapal ini di bulan Juli 2012 lalu.

Kapal ini dibuat di galangan kapal terbesar di dunia, “Hyundai Heavy Industries” (HHI), Korea Selatan dan kapasitas 13.808 TEUs merupakan yang terbesar dalam armada kapal pelayaran Taiwan ini. Delapan saudaranya sudah beroperasi di sejumlah rute milik Evergreen.

Untuk diketahui saja, inilah jelinya owner kapal asal Yunani, mengamati dulu dan membeli di harga yang cukup fantastis. Enesal menggaet HHI dengan nilai kontrak USD 116,5 juta per unit, sedangkan pelayaran lain harus merogoh kocek hingga USD 160-170 juta per unit saat pasar sedang booming di tahun 2008 – demikian sebagaimana ditulis “Alphaliner”.

Thalassa Doxa (namanya angker ya ...), bakal dioperasikan di servis CEM milik Evergreen, karena pelayaran Taiwan ini kini menjadi anggota aliansi strategis CKYHE dan belum lama ini bergabung. Sebelumnya hanya ada 4 pelayaran di kongsi CKYH yakni : COSCO, “K” Line, Yang Ming dan Hanjin Shipping (HJS).

Congrats !


Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar