Sabtu, 16 Agustus 2014

JT 160814 : “MSC” Dapatkan Kapal 15.908 TEUs



Runner up pelayaran terbesar di dunia, “Mediterranean Shipping Co.” (MSC) baru aja dapetin kapal anyar yang berkapasitas 15.908 TEUs (dibulatkan jadi 16.000 TEUs), “MSC London”. Kapal ini dibagun di galangan STX Shipyard.

Siapa yang pesan ? Rupanya ini kapal sewa, karena pemilik aslinya anak-anaknya Sammy Ofer, yang nota bene pemilik pelayaran Israel “Zim Line”. Kini kedua anaknya memiliki usaha sendiri dan terpisah, “Zodiac Maritime” dan “Eastern Pacific Shipping” (EPS).

Nah, kapal MSC London merupaka kapal pertama dari 6 (enam) unit yang dipesan. Dengan masuknya MSC London, total jumlah kapal gede (+13.000 TEUs ato bacanya diatas 13.000 TEUs) yang dioperasikan MSC menjadi 26 unit dan menjadi yang operator terbesar yang mengoperasikan kapal sejenis ini.

Enam kapal yang dipesan Zodiac Maritime ini, awalnya didisain hanya untuk kapasitas 13.000 TEUs namun tahun lalu dirubah menjadi +15.000 TEUs mengingat perkembangan teknologi dan skala ekonomi sejak terbitnya kapal triple-E Maersk Line.

Sammy  Ofer mewariskan seluruh kapal kepada anak-anaknya (kebetulan cuma 2 he he he) dan membuat perusahaan masing Zodiac dan EPS tadi. Enam kapal diatas nantinya akan ditangani EPS, kecuali MSC London masih kepalang dimiliki Zodiac.

MSC London bakal bertugas di servis Tiger dan bakal memecahkan rekor saat berkunjung ke pelabuhan Istanbul dan Piraeus kelak. Wooow mantabz !

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar