Sabtu, 23 Agustus 2014

JT 230814: “Seaspan” Bangun Kapal 4 x 10.000 TEUs

Ini kapal baru terus dibangun, buat siapa aja ya ? Yang membangun pasalnya bukan operator tetapi juragan kapal yang punya duit dan kapalnya disewa-sewakan ke berbagai operator kelas dunia. Masih prospektif ? Kayaknya sih begitu.

Juragan kapal yang terdaftar di bursa saham New York (NYC), Seaspan Inc. kabarnya baru merampungkan persetujuan membangun dan menyewakan 4 (empat) unit kapal barunya yang berkapasitas 10.000 TEUs ke pihak ketiga.

Gak disebutin siapa operatornya (nanti juga ketahuan koq) tetapi masa sewanya hanya 5 (lima) tahun saja. Galangan yang ditunjuk ya langganan Seaspan yaitu YZJ : New Yanzi Shipbuilding dan Jiangsu Yangzi Xinfu Shipbuilding, Tiongkok.

Ke-4 kapal tersebut dialokasikan untuk Seaspan dan Greater China Intermodal Investment LLC (GCI). Untuk GCI sendiri pemilik sahamnya yaitu Seaspan, GCI dan Blue Water Commmerce LLC. Mantabz nih.

Hingga saat ini, pesanan Seaspan di YZJ berjumlah 27 unit kapal anyar, terhitung sejak awal tahun 2011. Wooow, cukup agresif untuk pemain baru seperti Seaspan. Congrats !

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar