Selasa, 12 Agustus 2014

JT 120814 : Aliansi Strategis “C3” Lahir Di Tiongkok

Sesudah sempat lahir prematur aliansi strategis “P3” lalu bermetamorfosis menjadi “M2” ... ehh kini muncul aliansi dengan singkatan serupa yakni “C3”, yang tiada lain 3 (tiga) pelayaran daratan RRCina yang membentuk aliansi strategis.

Loh siapa saja sih ? Mereka adalah “Shanghai Pan Asia Shipping”  (unit dari COSCO), “Puhai Shipping” (afiliasi China Shipping Container Lines / CSCL) dan Sinotrans Containr Lines (Sinotrans). Mereka akan menjadi ancaman bagi pelayaran kecil di area yang dibidik.

Lantas, secara serentak timbullah respon beragam tetapi intinya menentang ato menolak keberadaan C3 karena disinyalir kekuatan baru ini akan merusak konstelasi harga dan perimbangan kekuatan dagang di area tertentu.

Sebelumnya, sudah ada aliansi serupa yang dijalin antara “SITC Container Lines” dengan “Shanghai Hai Hua Shipping”, mengoperasikan 11 kapal di 10 servis Tiongkok Timur – Jepang. Artinya, suasana perang harga gak akan bisa dihindari lagi.

Kabarnya, Kementerian Perhubungan tengah menggodok kajian dan akan segera mengeluarkan pernyataan, terkait proposal dari C3 diatas. Hasilnya ? Sabar dan kita tunggu bersama ya.


Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar