Kamis, 07 Agustus 2014

JT 070814 : “OOCL” Tunda Kiriman Kapal 8.888 TEUs

Hampir semua pelayaran, meloloskan penyelesaian konstruksi kapal barunya sesuai rencana. Dari sekian banyak operator, baru ”Orient Overseas Container Line” (OOCL) yang menyatakan ingin menunda pengiriman kapalnya ke tahun 2015 nanti.

Sejujurnya, keinginan OOCL ini gak ada kaitannya dengan silang sengketa pilpres di Tanah Air, seperti halnya para pengusaha di republik tercinta yang tengah bertiarap. Alasan utama OOCL, ingin kapal-kapal barunya lebih irit bahan bakar.

Artinya, pihak OOCL tengah mengkaji, kelak 4 (empat) unit kapal berkapasitas 8.888 TEUs harus mampu mengoptimalkan peran mesin, sekaligus hemat dalam mengkonsumsi bahan bakar.  Pekerjaan ini siap dilaksanakan oleh galangan Hudong Zhonghua Shipbuilding, Tiongkok.

Rasa-rasanya, langkah yang dilakukan OOCL termasuk langkah strategis. Pelayaran lain berlomba cepet-cepetan kapalnya jadi, ehh giliran beroperasi mengeluh semua, kurang kargo ‘lah, harga gak naik-naik ‘lah tapi tetaaaaap aja ngotot. Edun juga ya.

Itulah seninya dunia pelayaran. Walau semua melaporkan rugi tapi masih saja beroperasi. OOCL, untuk Semester 1 -2014 ini berhasil mendulang laba (net profit) USD 181 juta. Yang lainnya memble. Makanya, dibalik penundaan, pasti ada strategi jitu yang disimpan he he he. Tooop !

Sumber : SN-TR.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar