Jumat, 22 Agustus 2014

JT 220814 : Ratusan Truk Putar Balik Dari Perbatasan Rusia

Ratusan truk asal Spanyol, bermuatan buah-buahan dikabarkan putar balik dari wilayah Rusia, sebagai akibat dari sanksi ekonomi Barat terhadap Rusia setelah tentara dari negeri pimpinan Vladimir Putin merangsek masuk ke wilayah Ukraina.

Laporan yang masuk menyebutkan, muatan yang kembali dari perbatasan Rusia, selain buah-buahan terdapat juga seafood dan komoditi lain yang dibutuhkan penduduk Rusia. Yang direpotkan dalam kasus ini, tentu saja Shipper dan Forwarders.

Dua minggu sebelumnya, 9 (sembilan) unit truk yang dikirim Comimpex, Marseilles membawa 200 ton buah pears, juga bernasib sama - sebagaimana diungkap Eric Guasch. Menurut laporan Lloyd's Loading List (LLL), sejumlah truk dari negara lain pun mendapati hal yang sama, kembali dari perbatasan Rusia. Kebanyakan truk pembawa sayuran dari Polandia.

Seperti diketahui, negara-negara Uni Eropa mengirim buah dan sayuran sebanyak 2,2 juta ton per tahun ato setara dengan 105.000 truk dan kebanyakan kiriman terjadi di musim panas. Eric Guasch memaparkan, pertumbuhan barang-barang perishable berkembang pesat dan pihak ESC (European Shippers Council) menambahkan bahwa komoditas ini yang bakal terpengaruh banyak.

Nah lo, pas rejeki siap dipanen ehh ... Malah kena sanksi. Sesuatu yang sulit diprediksi karena menyangkut kebijakan sebuah negara. Makanya pemahaman totalitas atas kondisi politik, sosial dan ekonomi layak dikuasai karena sedikit banyak akan bisa diantisipasi faktor negatif dan positifnya.

Ikut prihatin.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar