Senin, 11 Agustus 2014

JT 110814 : “Alitalia” Dapat Bantuan “Etihad”

Kondisi bisnis angkutan udara, tak beda jauh dengan angkutan lain. Saat ini tengah menghadapi berbagai kendala seperti persaingan harga, layanan, kenaikan harga bahan bakar hingga program efisiensi yang berujung pada PHK.

Jelas hal ini membuat setiap maskapai penerbangan memikirkan setiap langkah dan kebijakan secara jeli agar tidak ambrol dan menimbulkan gejolak, apalagi menjadi maskapai pelat merah. Bila pun terjadi, pimpinan pucuk bisa dihantui PHK sewaktu-waktu.

Adalah maskapai penrbangan milik Italia, “Alitalia” yang selama beberapa tahun merugi dan akhirnya harus melepas 49 persen sahamnya, kepada maskapai penerbangan Abu Dhabi “Etihad”. Total nilai transaksinya EUR 1,2 miliar (USD 1,6 miliar).

Hasil ini didapat, setelah CEO Etihad James Hogan dan Menteri Perhubungan Italia Maurizio Lupi bernegosiasi. Jadi juga he he he. Bagi Etihad, deal ini memberikan akses ke pasar Eropa dan lebih menjangkau benua Eropa secara total.

Sebelumnya, Etihad sudah memiliki saham di “Air Berlin” dan “ Aer Lingus”. Ehm ehm, diam-diam banyak juga gebetannya cui. Bagi Alitalia, langkah ini bisa memberikan nafas perubahan dan berharap di tahun 2017, Alitalia sudah kembali normal dan untung !

Dibawah program restrukturisasi ini, perusahaan pos Italia pun (Poste Italiane) masuk dalam program ini namun Alitalia masih tetap dominan dengan penguasaan saham 51 persen. Rencananya, bakal ada suntikan modal EUR 300 juta di bulan ini juga.

Para pesaing, kontan mempertanyakan hal diatas. Namun berhasil menjawab sehingga harapannya di bulan September 2014 semua dokumen kerjasama dapat dituntaskan dan mendapat persetujuan dewan pengawas Uni Eropa.

Yuuuuk kita monitor juga perkembangan ini ya.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar