Senin, 18 Agustus 2014

JT 180814 : “Scorpio” Pesan Kapal 19.200 TEUs


Aje gile deh. Adaaaa aja orang-orang yang cari sensasi tapi di industry pelayaran kalo gak punya perhitungan, bisa mati berdiri. Pastinya yang punya hajat, orang yang punya perhitungan matang. Perkiraannya begitu.

Berita terkini menyebutkan, juragan kapal asal Monako, “Scorpio”, dilaporkan belum lama ini memesan 3 (tiga) unit kapal berkapasitas 19.200 TEUs dari galangan kapal Korea Selatan dan langganan operator besar, “Samsung Heavy Industries” (SHI).

Kapal ini kabarnya, sudah dipesan dan akan disewa oleh pelayaran penuh sensasi, “Mediterranean Shipping Co.” (MSC) yang saat ini menempel ketat posisi pelayaran terbesar di dunia, “Maersk Line” asal Denmark.

Kabar ini berhembus lebih awal dari yang seharusnya, karena pihak Korea Stock Exchange belum menerima status terkini atas rencana Scorpio diatas. Artinya, niatan sudah ada dan tinggal menanti jadual eksekusi untuk segera dikerjakan.

Scorpio selama ini dikenal sebagai juragan kapal tanker dan bulk namun tiba-tiba membuat kejutan dengan rencana membangun kapal kontainer terbesar, mengalahkan tipe triple-E Maersk Line yang mempunyai kemampuan +18.000 TEUs.

Harga satuan kapal ukuran terbaru ini, diperkirakan sekitar USD 153 juta dan MSC menggaet kapal anyar ini dengan bareboat contract, sampai dengan 15 tahun. Wuiiiih, mantabz.

Sumber : SN-TR.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar