Selasa, 05 Agustus 2014

JT 050814 : “Hamburg-Sud” Dekati “CCNI”


Pengamat bisa saja berkomentar bahwa dijaman susah kayak sekarang, hampir bisa dikatakan peluang merger keciiiil banget. Mana mungkin sih, udah margin tipis, masih aja mau coba-coba melebur (baca: merger).

Terakhir yang diprediksi merger dan akhirnya maujud adalah antara pelayaran Jerman dan Cili, antara “Hapag-Lloyd” (H-L) dan “CSAV”. Ehhh sekarang kejadian lagi, pelayaran dua negara yang sama, antara “Hamburg-Sud” (H-S) dan “CCNI”.

Minggu-minggu ini ini semakin kencang berhembus isu diatas, sehingga menimbulkan analisis bahwa rencana merger antara H-S dan CCNI tidak lain merupakan dampak bergabungnya H-L dan CSAV dan akan berkompetisi langsung di rute yang relatif sama : Amerika Selatan.

Kedua perusahaan belum mengeluarkan pernyataan resmi kecuali gosip-gosip yang beredar diluaran, kenceng banget. Menurut Lloyd’s List Intelligence (LLI) perkiraan tersebut tidak akan meleset dan akan selesai menjelang akhir tahun 2014 ini.

Menurut LLI, bila H-S jadi merger dengan CCNI maka akan menciptakan pelayaran ke-12 terbesar. Saat ini, H-S menduduki ranking ke-13 dan CCNI menduduki ranking 42 dunia. Gak banyak ngaruh sih tetapi merger keduanya bukan hanya diukur dari jumlah armada.

Ada sisi lain yang gak mungkin muncul begitu saja tanpa ada rasa kebersamaan dalam menggarap pasar Amerika Selatan. Dengan jumlah 113 unit, agregat 508.610 TEUs. Asal tahu aja, merger antara H-L dan CSAV menciptakan pelayaran terbesar ke-4 terbesar di dunia.

Wuiiih, ada lagi … Industri pelayaran memang top abiiiiz, gak pernah sepi dari kejutan. Usai H-L merger dengan CSAV, menyusul H-S merapat untuk mendapatkan CCNI. Padahal awalnya, H-L pernah dijodohkan dengan H-L, koq malah berbeda aliran ya ?

Entahlah. Dunia bisnis selalu punya cerita tersendiri.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar