Rabu, 27 Agustus 2014

JT 270814 : “Maersk Line”, “MSC” Minta Ijin Washington

Setelah penolakan “P3” network oleh otoritas Tiongkok beberapa waktu lalu, kini pelayaran nomor 1 dan 2 dunia tersebut tengah mengajukan permintaan untuk melakukan kolaborasi lagi. Adalah Maersk Line dan MSC yang ngotot agar kerjasama ini bisa maujud.

Sebelumnya, P3-network sudah mendapat lampu hijau untuk beroperasi namun kemudian justru otoritas Negeri Panda yang menolak permintaan pembentukan VSA alias vessel sharing agreement, karena berpotensi merusak pasar, dilihat dari porsi penguasaan pasar.

Kini, keduanya bersepakat lagi, mencoba dari awal agar aliansi strategis yang diberi nama 2M dapat diberikan ijin serupa. Maersk Line dan MSC mengajukan permohonan 2M ke Federal Maritime Commission (FMC) sebagai otoritas kekuatan industri maritim tertinggi di Negeri Paman Sam.

Pihak Washington memiliki waktu 45 hari untuk me-review usulan dari 2M dan selama proses meminta masukan, FMC bisa menunda pengumuman hingga semuan jelas dan bisa diterima publik. Pasalnya, P3 sempat disebut-sebut bakal merger sehingga menimbulkan kekhawatiran besar.

Aliansi 2M akan menggunakan standar baku VSA sebagaimana biasanya, menghindari kesan seperti P3. 2M hanya akan memberikan informasi kepada Uni Eropa maupun otoritas Tiongkok karena masing-masing pelayaran akan memiliki tim Sales, Operation dll sendiri, tidak digabung.

Jadi benar-benar hanya memberikan efisiensi tanpa ada niatan membentuk badan / komite bersama. Yang model begini bisa diterjemahkan lain oleh pihak lain, walau mungkin maksudnya sama he he he. Cari yang aman-aman aja dulu.

Wilayah dagang dalam dokumen yang diserahkan 2M ke pihak FMC : Eropa hingga pesisir Gibraltar, Mediterania – U.S Atlantic, Gulf & Pacific, pelabuhan sepanjang Kanada, Panama, Kep. Bahama, Meksiko serta pelabuhan di Asia yang terkoneksi langsung dengan daratan Amrik.

Khusus rute Asia – Eropa (AE) karena bukan domainnya FMC jadi akan diajukan terpisah. Mekanismenya gimana, terserah Maersk dan MSC ‘lah. Customer sih tinggal terima jadi aja he he he. Sip.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar