Sabtu, 02 Agustus 2014

JT 020814 : PT KAI Operasikan KA Tambahan Non-Subsidi


Sesi pertama berupa arus mudik dari Jakarta dan sekitarnya ke Jawa Tengah dan Jawa Timur menggunakan kereta api (KA) berjalan baik dan mulus. Kini usai berlebaran di taggal 28-29/07/14 lalu, PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengatisipasi arus balik.

Di pos pemantauan yang diberi nama Posko Angkutan Lebaran 2014, ada kecenderungan jumlah penumpang yang meningkat dan tak mungkin terangkut semua hingga tanggal 03/08 padahal mulai Senin 04/08 seharusnya aktifitas pekerja sudah kembali normal.

Bukan orang Indonesia tulen kalo ngga mbalelo. Molor-molor dikit ta wajarlah. Walau sudah diberi waktu hampir seminggu libur, toh masih aja pengen nambah. Maka dari itu, PT KAI mengantisipasi perpanjangan waktu arus balik hingga tanggal 10/08 mendatang.

Tak tanggung-tanggung pula, PT KAI menyiapkan KA tambahan non subsidi  Pertimbangannya karena animo masyarakat masih tinggi sehingga PT KAI akan tetap menjalankan KA tambahan Lebaran – demikian sebagaimana disampaikan Kepala Humas PT KAI Sugeng Priyono.

Untuk diketahui, data tersebut diambil berdasarkan data komparasi tahun lalu dan tahun ini untuk periode waktu yang sama, ada kenaikan sekitar 18 persen. Otomatis kegiatan posko pun ikut diperpanjang.

Secara kumulatif, Sugeng menjelaskan bahwa jumlah penumpang di tahun 2013 : 2.902.847 orang sedangkan di tahun 2014 : 3.436.460 orang. Hitungannya H-10 sejak tgl 18/07 sampai dengan H+3 Lebaran ato tgl 01/08. Tahun 2013 pun dihitung H-10 dan H+3 dari Lebaran.

Penambahan jumlah penumpang menurut Kepala Humas PT KAI, lebih dikarenakan sebagai wujud kerja keras perusahaan pelat merah dan diapresiasi masyarakat sehingga partisipasinya mencapai angka optimal.

Dalam mensukseskan kegiatan arus mudik dan nantinya arus balik, PT KAI menjalin kerjasama dengan semua elemen masyarakat, pramuka, aparat kepolisian dan TNI, bahkan komunitas pencinta kereta api yang tersebar diberbagai kota.

Lantas angkutan barang / kontainer bagaimana ? Ya untuk kelancaran angkutan penumpang, ikut di-stop dulu hingga tanggal 03/06. Walau ada rencana penambahan KA non subsidi namun angkutan KA barang / kontainer tidak akan terpengaruh lagi.

Yang ingin menyimak laporan perkembangan arus mudik, bisa merujuk BLOG : www.kalogpalembang.blogspot.com. Situs resmi kereta api ato PT KAI, bisa di-klik di www.kereta-api.co.id.

Tinggal pilih dan semoga mancarli.

Sumber : Dari Sana-sini. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar