Senin, 25 Agustus 2014

JT 250814 : "Marie Maersk" Catat Rekor Angkut




Kapal generasi terbaru berkode triple-E asal Denmark, "Marie Maersk" berhasil mencatatkan rekor angkut kontainer 17.603 TEUs, dari Algeciras ke Tanjung Pelepas. Hingga saat ini, kapal belum bisa dioptimalkan karena sejumlah terminal tidak / belum dapat mengakomodir tambahan kapasitas.
               
Kapal teranyar Maersk Line ini mempunyai kapasitas angkut 18.270 TEUs. Padahal seperti diketahui, pelabuhan Algeciras merupakan salah satu pelabuhan yang dikembangkan agar bisa menampung kapal kelas triple-E sejak setahun lalu. Itupun masih terlewat. Pfffuih.

Carlos Arias, menyebutkan pihaknya saat ini terus melakukan pembenahan dengan menambah fasilitas 4 (empat) crane baru, disamping 4 unit yang ada sekarang. Tak hanya Algeciras yang berbenah diri, lawannya Port of Tanjung Pelepas (PTP) pun melakukan hal yang sama, agar kemampuan keduanya sebagai tandem pelabuhan Maersk nantinya bisa optimal.

Tahu dunk, kedua terminal kontainer ini dimiliki oleh A.P Moller - Maersk Group melalui APM Terminals, induk dari Maersk Line. Sebagai info, dari total 17.000 TEUs lebih, tidak semuanya kontainer isi tetapi juga membawa kontainer kosong (repo MTY) ke Asia, untuk dipergunakan sebagai kontainer ekspor.

Muatan terbesar Maersk di Asia, datang dari pesisir Tiongkok dan pelabuhan tujuan berikut dari Marie Maersk ini adalah Shenzhen's Yantian Terminal. Disinilah muatan balik ke Eropa biasanya melimpah. Bila dari Eropa membawa banyak keju dan daging segar, maka muatan ke Eropa banyak dalam bentuk consumer goods dan barang elektronik.

Wooow, mantabs !

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar