Sabtu, 31 Maret 2012

JT 310312 : Kapal Azamara Quest Hanyut


Kapal pesiar ini tergolong gede namun namanya kondisi alam gak kenal kapal gede ato kecil. Kapal milik Azamara Club Cruises yang bernama Azamara Quest dan berpenumpang 1.000 orang ini dikabarkan terhanyut hingga dekat Kalimantan.

Penyebabnya, terjadi insiden kebakaran pada hari Jumat (30/03) dan melukai 5 awak kapal. Setelah dua mesinnya mati, kapal dideteksi mendekati Pulau Sulu dekat Kalimantan hari Sabtu (31/03) namun posisi pastinya masih diselidiki.

Pihak Azamara Club Cruises (ACC) menyatakan bahwa kapal saat ini menggunakan sumber tenaga cadangan dan terapung-apung di kawasan laut yang tenang di dekat Kalimantan, Indonesia. Kapal tersebut membawa 590 penumpang dan 411 awak kapal. Sebagian besar penumpang adalah orang Amerika dan Eropa.

Insiden kebakaran terjadi sehari setelah kapal meninggalkan Manila menuju Sandakan, Malaysia. Kapal itu sendiri dalam perjalanan pesiar 17 hari, yang berawal dari Hong Kong, Senin (26/3/2012), dan berencana berlabuh di beberapa kota di Filipina, Malaysia, dan Indonesia, sebelum dijadwalkan berlabuh di Singapura, 12 April. Di Indonesia, kapal pesiar itu direncanakan mampir di Balikpapan, Palopo, Benoa, Semarang, dan Pulau Komodo.

Semoga bisa segera diperbaiki dan berlayar kembali seperti sedia kala.

Sumber : AFP/AP/Kompas, 31.03.12.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar