Kamis, 08 Maret 2012

JT 080312 : CMA CGM Rugi USD 30 Juta Di 2011

Kalo kita sih bisa maklum, entah manajemen. Secara umum, mayoritas pelayaran global di tahun 2011 merugi karena fluktuasi perdagangan yang masih ngga menentu serta kabar terdekat dengan industri maritim, masuknya kapal kontainer generasi baru.

Kabarnya, pelayaran terbesar ke-3 dunia setelah Maersk Line dan MSC ini mengalami kerugian hingga USD 30 juta di tahun 2011, bandingkan dengan pendapatan melimpah di tahun 2010 dengan profit USD 1,6 milyar !

Secara volume, CMA CGM berhasil mendongkrak naik hingga 11 % walau pertumbuhan pasar hanya 6,5 % dan total volume yang di-handle mencapai 10 juta TEUs. Tapi itu saja ngga cukup sehingga diperlukan penghematan atau pengurangan biaya operasi.

Guna memperlancar arus kas keuangan, CMA CGM rela melepas aset yang kurang strategis dan mendapat dukungan konglomerat asal Turki, Yildirim Group selain juga mencari dana segar via penerbitan obligasi USD dan euro.

Apakah dengan kesepakatan kemitraan dengan MSC (AE dan Amsel) dan Maersk (AM, Laut Hitam serta Adriatik) peruntungan CMA CGM di tahun 2012 akan menjadi lebih baik ? Semoga. Khan segala daya dan upaya harus dikerahkan dulu, hasilnya menyusul.

Gitu aja koq repoooooot. Enjoy.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar