Senin, 12 Maret 2012

JT 120312 : Kapal Kontainer Idle Capai 1,1 Juta TEUs

Cerita kapal nganggur (idle) tambah serem aja. Soalnya bukannya berkurang, ehhh ... malah nambah terus jumlahnya. Artinya, banyak kapal yang diparkirkan oleh pemiliknya atau sang penyewa akibat kesulitan mengoperasikan.

Volume sedikit, biaya bahan bakar (fuel) mahal, harga lagi simpang siur, menambah permasalahan di pelayaran global semakin kompleks aja. Lantas, sebagai gambaran ada berapa sih kapal nganggu sampe saat ini ? Parah ngga sih efeknya ?

Hingga akhir tahun 2012, diperkirakan akan ada 1,1 juta TEUs armada kapal yang (bakal) idle - itu menurut catatan Alphaliner yang punya data lengkap. Hingga 27/02 lalu, armada yang mangkrak berkisar 840.000 TEUs atau 5,4 % dari total armada kapal kontainer sedunia.

Bahkan ada kapal gede (ka-ge) ukuran diatas 8.000 TEUs, jumlahnya sekitar 12 unit dan salah satunya masuk 13.000 TEUs, Maersk Evora. Bisa saja angka 1,1 juta TEUs terlampaui, namun ada bagusnya melihat fluktuasi dalam waktu dekat.

Maksudnya, menjelang kuartal 3 dan 4 biasanya ada tren volume meningkat ke seluruh penjuru dunia sebagai antisipasi menjelang musm Natal da tahun baru. Stockist sih seneng-seneng aja menimbun barang dulu.

Kayak nimbun BBM di Tanah Air aja. Harga jelek atau mau naik, simpen dulu ahhh. Begitu jreeeng, langsung deh itu stok dilepas ke pasar. Untung khan jadinya. Semuanya berbau bisnis dan politis 'lah.

Take care, Ngga dimana-mana.

Sumber : Alphaliner.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar