Senin, 26 Maret 2012

JT 260312 : Kondisi Terkini Kapal Bareli 3.100 TEUs

Tim penyelamat yang ditugaskan ke kapal kontainer Bareli (3.100 TEUs) menyebutkan bahwa kapal masih nongkrong diatas karang, sejak 15/03 lalu di propinsi Fujian, RRCina. Ngga usah khawatir dulu mo tenggelam, belon ada tanda-tanda tuh.


Keterangan resmi dari pemilik kapal maupun operator kapal, belum jelas mau diumukan sebagai General Average atau Total Loss (biasa Bro'), istilah asuransi. Moda apapun bila sudah bersinggungan dengan yang namanya musibah, larinya ke asuransi.


Kapal Bareli dibuat tahun 2004 dan dimiliki Antarctica Shipping Pte Ltd Singapore dan dikelola oleh Klaveness Ship Management AS. Krunya berasal dari Rumania, Filipina dan Afrika Selatan serta asuransinya ditangani Gard.


Penjelasan dari Klaveness, 220 ton bahan bakar sudah dipindahkan dan 240 ton lainnya sedang diangkat dari tangki yang lain, dari total 1.100 ton minyak yang ada diatas kapal. Target yang ngga kalah penting, mindahin kontainer 40 unit setiap harinya.

Utamanya sih, mindahin kontainer berbahaya (dangerous goods) daintara 1.900 kontainer yang ada diatas kapal. Mudah-mudahan kondisi cuaca baik terus, sehingga proses evakuasi dapat berjalan lancar - demikian harapan semua pihak.

Untungnya, semua pihak pro-aktif bahu membahu menyelamatkan kapal beserta isinya agar tidak menjadi runyam, seperti kasus tenggelamnya kapal kontainer Rena di Selandia Baru. Terlebih karena kondisi alam yang tidak memungkinkan.

Rujukan sebelumnya, baca JT 230312 : Bareli & CMA CGM Oran Dalam Masalah dan refrensi terkait isu kapal kontainer Rena, baca JT 250312 : Tim Penyelamat Rena Diuji Cuaca Buruk.

Take care.

Sumber : HKSG / Foto : SWL-China.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar