Rabu, 28 Maret 2012

JT 280312 : Gejolak Buruh Pelabuhan Auckland Mereda


Untuk sementara, proses rekruitmen sumber daya manusia (SDM) yang dilakukan oleh vendor luar atau outsource dihentikan dulu, sambil menunggu pembicaraan para-pihak dilaksanakan dalam waktu dekat.

Dimana tuh ? Ini terkait kisruh pihak pelabuhan Auckland (Selandia Baru) yang memecat 300 buruh tempo hari dan pihak pelabuhan menunjuk 2 (dua) perusahaan independen untuk melakukan penggantian karyawan.

Port of Auckland (PoA) akhirnya dipanggil dan didengar pendapatnya di pengadilan. Padahal minggu lalu, sudah ada 57 karyawan yang direkrut (pekerja kontrak) dan akan tetap dikaryakan hingga keputusan pasti diperoleh.

Presiden Maritime Union of New Zealand (MUNZ), Gary Parsloe, memerintahkan kepada seluruh anggotanya untuk segera kembali bekerja atas dasar kesepakatan yang telah disetujui – demikian tulis media cetak setempat New Zealand Herald.

International Transport Federation (ITF) yang bermarkas di London dan mewakili kepentingan buruh di PBB, mengutuk tindakan PoA sebagai “"unbelievable, unlawful and practically suicidal" saat para buruh dilarang masuk area pelabuhan.

Kini, atas dasar pertimbangan pihak pengadilan, dilakukan gencatan senjata hingga semuanya jelas dan bisa diselesaikan dengan baik. Bagaimana caranay ? Ya kita lihat saja akhirnya. Setidaknya setelah tanggal 06/04. Apa ya hasilnya ?

Rujukan sebelumnya, silahkan simak JT 190312 : Aksi Buruh Pelabuhan Auckland Dapat Simpati dan JT 090312 : Kisruh Di Pelabuhan Selandia Baru. Tumben khan, Negeri Kiwi yang biasa adem-ayem tiba-tiba ribez begini hik hik hik.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar