Rabu, 07 Maret 2012

JT 070312 : Tujuh Pelayaran Bekerjasama Via Loop CKYH

Sebuah langkah maju di tahun 2012, saat 7 (tujuh) pelayaran global berkolaborasi di berbagai rute dagang. Uniknya dunia maritim gini nih. Dimasa jayanya, jarang ada kerjasama dengan lingkup sedemikian luas.

Sejak tahun 2000-an tren ini semakin mendunia, selain adanya kesadaran saling membutuhkan dan melengkapi, juga bisa mengurangi biaya operasi kapal namun servis tetap terjaga. Untuk itu bila mencari mitra haruslah yang sepadan.

Setelah Maersk Line merilis program Daily Maersk dan kompetitor terdekat MSC dan CMA CGM berkolaborasi, maka aliansi lain pun ikut merapat guna mengimbangi iklim kompetisi yang akan berhembus kencang di tahun Naga ini.

Tercatat pula meleburnya 2 (dua) aliansi besar dunia, yakni The New World Alliance (TNWA) dan Grand Alliance (G.A) menjadi G6. Kini CKYH pun menggenjot kerjasama serupa dengan 3 (tiga) pelayaran besar, yaitu CSCL, Evergreen dan UASC.

CKYH sendiri saat ini beranggotakan pelayaran Asia tulen yang menghuni singkatan tadi : COSCO, "K" Line, Yang Ming, Hanjin Shipping. Peminat yang bersiap merapat ke CKYH : CSCL, Evergreen dan UASC. Kita sebut aja ya "CKYH+".

CKH + Evergreen rencananya bakal menawarkan servis 8x seminggu di rute Asia - Eropa (AE) dan 4 servis di Asia - Mediterania (AM). Efektif bakal diimplementasikan mulai bulan April dan Mei mendatang. Rame nih kayaknya.

Rute yang diunggulkan NE6 bakal mendahului rute lain, dimana Evergreen bakal berpartisipasi disitu. Revisi rotasi port of call NE6 sbb : Hamburg - Rotterdam - Le Havre - Algeciras (HT) - Singapura - Hong Kong - Xingang - Kwangyang - Busan - Shanghai - Shenzhen/Yantian - Singapura - Algeciras (HT) - Hamburg.

NE6 versi terkini bakal mengoperasikan 11 kapal berukuran rata-rata, dari 10.000 TEUs hingga 13.000 TEUs. Padahal NE6 versi djadoel menggunakan 10 kapal berkapasitas antara 8.200 - 10.000 TEUs.

Artinya, kapasitas mingguan NE6 meningkat sekitar 16 %, dari rata-rata 9.350 TEUs menjadi 10.850 TEUs di bulan April mendatang. Apalagi nantinya UASC bakal masuk serta dengan brand AEC9 dan CSCL via brand AEX5.

Detil loops yang akan dioperasikan CKYH di AE, akan diumumkan dalam beberapa pekan ke depan. Termasuk kolaborasi 3 pelayaran tadi ? Entahlah. Tunggu tanggal mainnya saja.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar