Sabtu, 03 Maret 2012

JT 030312 : MSC Operasikan Fabiola 12.500 TEUs di Amrik

Apakah ini merupakan dampak kelebihan kapal gede (ka-ge) sehingga Amrik diserbu ka-ge? Ekonomi negeri Paman Sam dalam beberapa tahun ini ngga bagus-bagus amat sehingga disaat pelayaran lain menarik unit, ehhh MSC malah pasang ka-ge.

Strategi setiap pelayaran memang berbeda tapi mungkinkah langkah ini efektif ? Yang tahu banget sih ya MSC 'lah. Di bulan Maret ini, kapal seri 12.500 TEUs MSC Fabiola bakal diturunkan ke rute dagang tujuan Amrik.

MSC mulai memasang ka-ge ini, setelah diakhir tahun 2011 lalu memutuskan berkolaborasi lebih dekat dengan CMA CGM, menjadikan operator kapal terbesar ke-2 dan ke-3 dunia ini rival terberat Maersk Line.

Selain MSC Fabiola, MSC kabarnya akan menurunkan pula kapal MSC Francesca (11.660 TEUs) di servis Pearl River Express (PRX). MSC dan CMA CGM siap menggempur pasar Asia - Eropa (AE) dan Asia - Mediternia (AM) selain Amrik.

Tadinya, PRX cuma dilayani kapal sekelas  8.000 - 9.000 TEUs, dengan rotasi : Fuzhou - Xiamen - Shenzhen/Chiwan - Hong Kong - Shenzhen/Yantian - Long Beach - Oakland. Secara kapasitas, peningkatannya significant lho.

Artinya, pelabuhan Amrik harus siap menampung ka-ge karena selama ini pelayaran global yang sudah memasang kapal diatas 10.000 TEUs, barulah Maersk Line. Yang lain masih berkutat di rute Asia - Eropa (AE), maklumlah disanalah mereka mempertaruhkan prestise dan prestasi.

Wooow, makin rame aja nih, Ka-ge tahun ini bakal membludak dan sejumlah kawasan akan menerima limpahan ekses masuknya ka-ge. Waspada dan waspada

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar