Jumat, 23 Maret 2012

JT 230312 : Bareli & CMA CGM Oran Dalam Masalah


Belum lagi beres, kapal kontainer kandas yang mengalami nasib na’as sehingga akhirnya terbelah dua di Selandia Baru. Kapal dimaksud yakni Rena yang dioperasikan oleh Mediterranean Shipping Co. (MSC). 


Musibah serupa muncul diperairan RRCina, saat kapal kontainer Bareli kandas di dekat Fuzhou Jiangyin Port. Kejadian tersebut, terjadi tanggal 15/03 dan untungnya ke-21 kru berhasil diselamatkan dalam kondisi sehat.

Pemerintah RRCina langsung menurunkan tim investigasi dan juga operasi bantuan ke TKP. Keesokan harinya, wakil gubernur Fujian, Wang Meng langsung mengadakan rapat koordinasi serta memerintahkan semua jajaran terkait terlibat langsung operasi penyelamatan.

Yang dikhawatirkan, selain adanya korban jiwa, juga ancaman serius lain yakni pencemaran lingkungan. Makanya, pemerintah setempat dengan dukungan pemerintah pusat langsung beraksi. Kabarnya, kecelakaan ini cukup serius.


Kapal Bareli (panjang 220 meter, bobot 41.792 dwt) mengalami kerusahaan parah di bagian lambung kapal dan nyaris terbelah dua. Bareli dikabarkan membawa 1.913 kontainer dan menurut pihak pelayaran, ngga ada muatan barang berbahaya.

Sebelumnya, sebuah kapal kontainer CMA CGM Oran juga bermasalah didekat Ras al Hamra, Algeria. Oran sempat mengirim permintaan tolong ke otoritas terkait. Kapal kemudian berhasil dibawa ke Annaba. Tidak ada korban luka dan polusi dalam insiden tersebut.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar