Sabtu, 28 Maret 2020

JT 280320 : HMM Akhiri Kerjasama Dengan 2M


Gak brasa, kerjasama antara pelayaran Korea Selatan, Hyundai Merchant Marine (HMM) dengan aliansi strategis 2M (Maersk + Medierranean Shipping Co.) bakal segera berakhir. Kelanjutannya gimana ?

Sebagai pelayaran yang sudah terbiasa dengan urusan beginian, gak usah terlalu dipikirkan. Agen ato mitra kerja fokus kerja aja, gimana caranya ngisi slot kosong yang harus dipenuhi, supaya target tahunannya tercapai he 3x.

Prinsipal tahu apa yang harus mereka kerjakan. Kabarnya, HMM bakal menarik 9 kapal yang sempat disewakan ke 2M, kecuali 3 x 13.092 TEUs milik Danaos yang akan diambil 2M, sedangkan skema pembayarannya dibagi dengan HMM juga.

Tiga kapal yang disewa HMM dari Danaos saat itu (saat HMM mo ikutan partisipasi di 2M) memang diberi harga khusus / diskon karena mempertimbangkan HMM yang lagi proses penyembuhan dari krisis berat.

Nah pada saat itu juga posisi HMM gak begitu kuat untik bisa maksa menjadi anggota penuh 2M sehingga perlu disuntik dana dari bank pelat merak Korea dan akhirnya ditolak sebagai anggota penuh 2M selain sekedar pembeli slot. Sakit juga ya.

Di sisi lain, HMM mencari opsi dan disambut baik oleh akiansi lain yang butuh suntikan kapasitas lumayan supaya bisa makin eksis. Maklum lawannya THE Alliance bukan kelas abal2 sehingga butuh mitra yang kuat.

Gak dinyana HMM yang sempat sekarat kini mulai berangsur pulih dan bisa jadi salah satu pemain kuat di THE Alliance bersama Hapag-Lloyd, ONE (Ocean Network Express : NYK, MOL, “K” Line) + Yang Ming.

Per tgl 01/04 HMM sudah resmi menjadi anggota penuh THE Alliance dan mulai masuk vessel sharing agreement (VSA) bersama itra kerjanya. Lantas apa yang ditawarkan HMM dengan masuk ke THE Alliance ?

Rencana mulai April hingga September 2020 ini, HMM akan menerima selusin kapal anyar berkapasitas 24.000 TEUs dan bisa menjadi kapal kontainer terbesar yang dioperasikan operator saat ini.

Menurut rumah riset, Alphaliner, pengoperasian kapal anyar ini akan menambah koleksi HMM serta menambah kapasitas 388.000 TEUs sehingga kapasitas terpasangnya menjadi 790.000 TEUS. Peningkatan yang luar biasa.

Jika semua terdistribusikan dengan baik + lancar, peringkat HMM akan melejit ke urutan 8 dunia, serupa dengan posisi Hanjin Shipping (HJS) saat kerontokannya sekitar 2-3 tahun lalu.

Dengan kehadiran HMM pastinya akan menambah kekuatan THE Alliance saat berperang dengan 2M ato Ocean Alliance. Kita tunggu perubahan apa yang akan terjadi usai HMM merapat ke THE Alliance.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar