Kamis, 19 Maret 2020

JT 190320 : Korean Air, Scoot, Cathay Alihfungsi Pesawat

Menyikapi penurunan jumlah penumpang beberapa tahun belakangan ini, bahkan sebelum Coronavirus menggebrak dunia, sejumlah maskapai sudah berinisiatif meng-konversi pesawatnya, dari pesawat penumpang menjadi pesawat kargo.

Maskapai penerbangan Korea Selatan, Korean Air, pesawat penumpangnya yang nganggur rencananya bakal ngangkut barang ke Qingdao untuk penerbangan tgl 21/03 – demikian laporan media FlightCGlobal yang berbasis di London, Inggeris.

Chairman Hanjin Group (induk Korean Air), Walter Cho kabarnya menyiyakan momentum pihak Korean Air untuk membawa barang saat Covid-19 yang disinyalir mengganggu aktifitas supply & demand di pasar global.  

Di saat rute penerbangan ke area Trans Atlantik terganggu karena adanya blokase untuk sementara, agar wabah Coronavirus gak menyebar secara lebih luas lagi, sejumlah penerbangan antar-benua banyak yang dibatalkan.

Minggu lalu, maskapai Scoot (afiliasi Singapore Airlines) sepakat pihaknya akan mengoperasikan angkutan barang berdasarkan sistem sewa – sebagaimana dilaporkan Air Cargo News, media yang juga bermarkas di London.

Scoot bakal mengoperasikan pesawat Boeing 787 di rute Singapura menuju Guangzhou + Nanjing yang akan membawa barang setara kapasitas 54 meter kubik, Pihak Cathay Pacific kabarnya akan melakukan hal serupa untuk mengurangi beban biaya operasi.

Bisa jasi banyak maskapai penerbangan melakukan hal serupa namun belum terekspos secara luas karena tertutup tabir + gemuruh Covid-19 di seluruh dunia. Ikut prihatin dan semoga Coronavirus cepat berlalu.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar