Rabu, 29 April 2015

JT 290415 : Swasta Dukung Pengerukan Di Pelabuhan Santos

Gak usah ikut-ikutan ngeributin warga Brazil yang dieksekusi mati oleh pemerintah Indonesia, Biarkan urusan itu diurus oleh ahlinya. Mari kita urus dunia maritim ato logistik, yang jadi kepedulian insan transportasi.

Di Brazil sana, kabarnya pengusaha swasta tengah menyokong program pengerukan pelabuhan Santos, menjadi 17 meter, dari kedalaman saat ini yang hanya sekitar 13 meteran gitu. Nama programnya “Santos 17”.

Dengan draft 17 meter, diharapkan kapal berkapasitas 13.000 TEUs bisa berlabuh dan ini peluang besar bagi salah satu gerbang komoditi masuk dan keluar dari negeri Samba. Menurut para pengamat, pihak otoritas terkait “sangat tertarik”.

Passaro (dari Codesp) menyampaikan, bahwa di tahun 2017 sejumlah kapal 20.000 TEUs akan mulai beroperasi di lintas barat - timur : Asia – Eropa (AE) dan otomatis kapal seri lama (dibawah 20.000 TEUs) bakal digeser ke rute lain seperti lintas utara selatan, contoh : Eropa – Amerika Selatan ato Asia – Afrika Selatan.


Sedimentasi di alur pelabuhan memang cukup merepotkan tetapi Passaro akan mengusulkan anggaran rutin agar bisa menangkap peluang tadi. Kalo pun kapal-kapal tadi gak seluruhnya bisa dialihkan ke Brazil, ya separonya juga oke-lah.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar