Kamis, 02 April 2015

JT 020415 : "K" Line Peroleh Kapal 14.000 TEUs Pertama


Keterlibatan anggota dalam aliansi global gak bisa dianggap enteng, malah cenderung mengikat. Untuk itu, awalnya "K" Line termasuk udah mo mengurangi di biz kontainer tetapi karena udah didorong oleh anggota, gak ada cara lain,

"K" Line baru aja dapetin kapal pertama yang berkapasitas 14.000 TEUs, dari galangan kapal "Imabari Shipbuilding ", Jepang. Kapal ini merupakan order pelayaran "K" Line ditahun 2013 dan kapal anyarnya diberi nama "Millau Bridge".

Kapal ini merupakan kapal pertama dari total 5 (lima) unit yang dipesan. Rencananya, kapal baru ini akan dioperasikan di rute Asia - Eropa (AE) dengan kode NE2. "K" Line menjadi salah satu anggota aliansi "CKYHE". Maklumlah, pelayaran lain melakukan upsizing capacity, otomatis satu memulai, yang lainnya ikut kena dampaknya.

Pihak "K" Line memiliki opsi menambah 5 (lima) unit kapal berukuran 14.000 TEUs tetapi menunggu posisi pasar sudah bakal membaik ato masih ruwet. Dalam perencanaan jangka panjang, "K" Line memang memesan 10 unit tetapi apakah akan dijadikan separo terlebih dulu, ato sekaligus dipesan 10 unit, masih agak sumir.

Kita tunggu aja kabar selanjutnya dari pihak "K" Line maupun sikon pasar perdagangan dunia di tahun 2015 ini. Melihat triwulan pertama, koq seperti menahan nafas bakal prihatin lagi. Daya beli masyarakat belum pulih akibat isu politik yang memanas, dibumbui ISIS, oversupply kapal gede hingga harga bahan bakar minyak yang menurun terus hingga di level terendah.

Yuuuuk ...

Sumber : Dari Sana-sini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar