Jumat, 24 April 2015

JT 240415 : 90 Persen Kapal Rute “AE” Rugi

Nah loh, kejadian juga. Tapi percaya ato ngga, itu terserah aja sih. Karena sampe hari ini, pelayaran-pelayaran besar masih beroperasi, bahkan ada yang terus berinvestasi membangun armada dan menyewa kapal baru dengan waktu yang panjang.

Ironisnya, menurut laporan “Drewry Maritime Research”, 90 persen kapal yang beroperasi di rute Asia – Eropa (AE) mengalami kerugian akibat anjoknya uang tambang alias ocean freight. Untungnya, harga bahan bakar minyal sedang turun dan efisiensi terus dilakukan.

Walau sudah berulang kali isu penyesuaian tarif dilakukan, toh ditengah jalan, adaaaa aja alasan membatalkan ato regulasi gak berjalan sesuai harapan. Masing-masing pelayaran pada sibuk cari muatan buat menuhin target hik hik hik.

Terakhir, “World Container Index” (WCI) mencatat penyesuaian harga di level USD 480 per TEU. Itu posisi tgl 16/04 lalu dan selalu bergerak dari hari ke hari. Setidaknya, Pembaca mempunyai gambaran seberapa parah sih persaingan di rute AE.

Yang bias dikatakan beruntung dan memang untung, hanya aliansi strategis “2M” (Maersk Line dan MSC), alasannya mereka memiliki kapal-kaal besar sehingga lebih efisien dan ekonomis. Nah, baru terbukti sekarang khan. Dulu orang pada ribut kapasitas kegedean dll.

Setelah itu ada aliansi lain yaitu “O3”, disusul “CKYHE” dan “G6”. Menurut riset Drewry, harga yang terlalu tinggi, akan ditawar oleh Customer dengan harga spot market / yang ada saat itu. Jadi, disaat seperti ini, jangan berharap dapat kontrak jangka panjang dulu.

Bahkan, bila kapal penuh pun tetap ada risiko. Diperkirakan 85 persen pelayaran tetap menanggung kerugian untuk setiap voyage ato perjalanannya. Hmm … rada serius nih. Bakal berapa lama bertahan ya ?

Itulah pekerjaan kantor yang harus dibereskan di tingkat atas hingga pelaksana, menyadari betapa kompetisi saat ini sudah di titik “ambil” ato “nego” ? Coba-coba ninggalin Customer saat ini bisa blunder. Ya bisa-bisa kitalah bernegosiasi.

Semoga berhasil ya. Ehhh ngomong-ngomong di rute lain, sama gak ya ? Penasaran khan ? Nanti kalo ada hasil risetnya, kita info-info deh. Ciao.


Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar