Jumat, 03 April 2015

JT 030415 : Soren Skou - Kapal 19.000 TEUs Paling Pas !

Menurut CEO Maersk, Soren Skou, kapal kontainer berkapasitas 19.000 TEUs (ke atas) saat ini masih blon menguntungkan, KECUALI apabila pasar yang ada menunjang. Lha iyalah bozz. Kalo permintaan ada, kapal pasti penuh tapi kalo lagi sepi, bisa perang tarif ato kasarnya, bunuh-bunuhan deh.

Prediksi Skou, kapal kontainer komersil yang ideal untuk beberapa tahun kedepan yakni antara 18.000 - 19.000 TEUs. Makanya kalo ada yang nekad membangun kapal 25.000 TEUs, dasar pertimbangannya apa ? Bisa jadi prediksi pasar global dan optimisme dunia perdagangan. Kenapa ngga juga? Sedikit gambling, yaps !

Maersk diakui mengalokasikan dana USD 3 milyar guna membangun armada kapal yang mumpuni. Dasar pertimbangan kondisi pasar tahun 2017 sehingga (bakal) memutuskan membangun kapal baru sesuai kebutuhan pasar, utamanya 18.000 TEUs - demikian sebagaimana dilaporkan media “Journal of Commerce” (JoC)..

Kapal segede ini hanya mungkin dioperasikan di rute Asia - Eropa (AE) saat ini. Rute lain belum memungkinkan karena volume yang ada gak segede di AE. Juga kondisi pelabuhan yang ada, tersebar di koridor AE.

Disain kapal 25.000 TEUs bukan masalah, menurut Skou lagi. Masalahnya, kalo volume gak ngedukung masa iya mo dipaksain buat kapal segede itu. Mo diisi apaan ? Ngadain turnamen sepakbola kelas dunia diatas kapal ? Boleh juga sih.

Piala Dunia (World Cup) untuk pertama kali diatas kapal kontainer raksasa khan blon pernah ada. Nah mumpung lagi low-season, kenapa gak dijadiin tempat tujuan wisata baru. Mo nyoba ?

Yang terakhir itu sih khayalan editor hi hi hi. Pengamat bisnis gak ada yang meramal sedramatis itu tetapi kemungkinan selalu ada khan. Yipi yipi heeeee.


Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar