Senin, 13 April 2015

JT 130415 : Antrian Truk Di NY/NJ Capai 6 Mil

Dampak kongesti di pelabuhan-pelabuhan laut pantai barat Amrik (US West Coast) akhirnya sampe juga di pantai timur (US East Coast) Amrik. Seperti diketahui, aksi demo buruh di US West Coast telah berlangsung berbulan-bulan dan hingga kini belum terurai semua.

Malah sejumlah operator kapal, memindahkan sebagian kapal ke pantai timur Amrik dan ada juga yang ke Kanada sebagai opsi lain. Intinya, jalan-jalan dari pelabuhan hingga tol di New York dan New Jersey (NY/NJ) mengalami kemacetan luar biasa parah.

Kabar per hari ini, antrian truk trailer di kedua pelabuhan mencapai 6 mil ato setara dengan 9,6 km. Hmm … hmm … mantep ini. Hal ini diakibatkan adanya pemindahan kargo besar-besaran dari wilayah pantai timur dan masuknya kapal-kapal gede. Akibatnya, US east coast kebanjiran muatan.

Bila di pantai barat Amrik, banyaknya keluhan akibat demo buruh tapi di pantai timur, komplein yang datang karena kebanyakan kargo sehingga lalu lintas begitu padat dan krodit abiiiz. Pengembalian kontainer kosong harus nunggu berjam-jam, bahkan pengusaha truk mengeluhkan sikon ini karena harus menunggu di depo terlalu lama.

Kontainer dibolehkan ada di lokasi pelabuhan tetapi setelah 9 (sembilan) hari, biaya demurrage-nya harus bayar USD 355 / hari. Sementara itu, untuk kontainer reefer lebih mahal lagi biayanya. Padahal, harapan semua pihak, dalam kurun waktu 2 minggu targetnya harus sudah selesai.

Apakah dengan waktu 14 (empat belas hari) tadi, urusan kepelabuhanan di pantai barat dan pantai timur Amrik bisa selesai ? Inilah yang menjadi perhatian semua pihak. Sudah terlalu lama pihak pelayaran dan penyedia jasa logistik dirugikan karena faktor keterlambatan pengiriman barang.

Kita tunggu kabarnya dalam 2 (dua) minggu kedepan ya. Siap ?


Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar